Palangka Raya – Universitas Muhamamdiyah Palangkaraya sebagai Universitas Swasta Terbaik Se Kalimantan meraih nilai akreditasi Institusi hampir A yaitu 340 poin dimana nilai untuk terakreditasi A adalah 361. Berdasarkan hal tersebut UM Palangkaraya meraih akreditasi B gemuk.

Data di atas berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT  dengan nomor 4064/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 dan situs resmi BAN-PT di halaman pencarian https://banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi bahwa UM Palangkaraya resmi meraih akreditaasi B dan berlaku selama 5 tahun kedepan.

“Sedikit lagi, UM Palangkaraya bisa meraih nilai A. Prestasi ini adalah hasil dari kerjasama semua elemen Civitas Academica UM Palangkaraya” ujar Bulkani selaku Rektor UM Palangkaraya

Raihan itu tidak akan bisa terwujud jika tidak ada kerjasama dari semua pihak di UM Palangkaraya. Budaya kerjasama tersebutlah yang membangkitkan semangat dosen, karyawan maupun mahasiswa untuk terus mengukir prestasi baik dalam skala nasional maupun internasional dan bekerja lebih giat untuk kemajuan kampus, persyarikatan dan bangsa.

Hal tersebut tidak terlepas dari semangat masing-masing individu civitas academica untuk membangun kampus tercinta UM Palangkaraya menjadi lebih baik, tambah Bulkani.

Bulkani juga mengatakan beberapa tahun yang akan datang UM Palangkaraya akan kembali mengusulkan peningkatan akreditasi sehingga memperoleh nilai A dan menjadikan Perguruan Tinggi Pertama yang memperoleh akreditasi A di Kalimantan.

“Kita terus berbenah, insya Allah dalam beberapa tahun ke depan kita akan usulkan peningkatan ke A sehingga bisa menjadi Perguruan Tinggi Pertama yang dapat A di Kalimantan” ucap Bulkani.

Sementara itu Ketua TIM Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) UM Palangkaraya Dr. M. Fatchurrahman, M.Pd., M.Psi menyampaikan bahwa prestasi yang telah dicapai ini karena UM Palangkaraya telah melaksanakan standar mutu internal yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang umum digunakan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan standar tersebut sudah melebihi standar dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi.

Majelis Diktilitbang PP Muhamamdiyah juga telah melakukan pendampingan kepada UM Palangkaraya untuk mempersipakan visitasi AIPT, jelas Fatchurrahman.

“kita di UM Palangkaraya memiliki SPMI dengan 29 standar mutu dan 151 SOP, dan juga didampingi oleh Majelis Diktilitbang PP Muhamamdiyah dalam mempersiapkan segala keperluan untuk visitasi pada bulan September lalu”, Papar Fatchurrahman.

Visitasi akreditasi UM Palangkaraya dilaksanakan pada tanggal 13-14 September 2017 lalu oleh Tim Asesor dari BAN-PT yaitu Prof. Dr. Ir. Ali Ibrahim Hasyim, MS. (UNILA), Prof. Dr. H. Abdul Aziz Wahab (UPI), Suparto, M.Ed., Ph.D., (UIN Jakarta) dan Dr. Ir. Sudiyono Kromodihardjo, M.Sc. (ITS). (Misyanto : Humas UM Palangkaraya)

Tags